TIPS N TRICK UJIAN SMA SEDERAJAT DI INDONESIA


TIPS N TRICK


Assalamu’alaikum. Hallo guys! Sesuai dengan janji dipostingan sebelumnya yang akan sharing tips n trick ujian-ujian dannn ini di percepat publish walau belum full. Berhubung ada 7 ujian yang di bahas dan lumayan panjang jadi diharapkan membacanya dihayati yah jangan lelah. 

1.       UAS
Untuk ujian ini kalian bisa baca di postingan sebelumnya di https://agithak.blogspot.co.id/2016/04/tips-singkat-menghadapi-ujian-sekolah.html  Kurang lebih intinya itu.

2.       UPRAK
Sebagai salah satu syarat kelulusan Sekolah Menengah ujian ini harus diikuti. Hal yang perlu dipersiapkan, yaitu :
-        Cari tahu dari jauh-jauh hari mata pelajaran apa yang akan ada ujian prakteknya.
-        PDKT dengan guru dan banyak bertanya dengan kakak kelas tentang apa yang akan di ujikan dari setiap mata pelajaran tersebut. Ini bisa dibilang modus positif.
-        Persiapkan hal apa yang kalian targetkan untuk memperoleh nilai terbaik.
Contohnya:
a.       Pendidikan Agama Islam, umumnya mengujikan praktek sholat (fardu, jenazah) maka jadikan ini selfreminder untuk memperbaiki bacaan sholat dan tuma’ninah, membaca Al-Qur’an maka upayakan membaca dengan tartil, dan hapalan surah maka perbanyak menghafal dengan keseluruhan ayatnya bukan memperkirakan ayat mana saja yang akan di tes (seperti aku karena kepepet L please jangan di tiru yah guys). Ini ujian akhirat dunia loh berpahala.
b.      Bahasa Indonesia mengujikan praktek menulis, maka kira-kira yang akan keluar ialah apasaja jenis teks yang telah dipelari? Teks anekdot? Artikel? Teks berita? Esay? Teks editorial? Teks cerita sejarah? Atau jenis teks lainnya. Yang harus kalian lakukan sebelum ujian ialah mengetahui bagaimana struktur kerangka dari teks, ciri khas teks, dan tujuan teks. (mata pelajaran rumpun bahasa umumnya ga jauh dari tes menulis & berbicara seperti drama).
c.       Pendidikan Jasmani dan Olah Raga, sepertinya hampir setiap sekolah mengujikan senam, iya ga? Nah, ini nih yang biasanya masuk kedalam ujian praktek kelompok. Disini kalian bukan hanya harus hafal dan paham gerakan yang diutamakan untuk tes. Akan tetapi, kekompakan kalianpun di uji bagaimana bisa berlatih dengan anggota kelompok secara berkala tanpa ada hambatan.
-     Berlatihlah seolah-olah sedang ujian. Lakukan hal ini beberapa hari/pecan sebelum ujian sebenarnya, mintalah bantuan teman atau anggota keluarga menjadi penguji. Setelah kalian mencoba mempraktekannya, lalu minta pendapat dari penguji apa kelebihan dan kekurangan yang telah kalian lakukan, sehingga kalian punya ancang-ancang target nilai dan memperbaiki kekurangan sebelum perang sesungguhnya.
-        Perbanyak do’a.

3.       UN(BK)
Dari tahun ke tahun kebijakan pemerintah memiliki perkembangan. Pelaksanaan UNBK pertama yang menimbulkan pro kontra pun memang harus kami lalui sebagai angkatan 2017. Berdasarkan pengalaman tersebut maka kalian di sarankan:
-                Fokus dan menambah waktu belajar untuk mata pelajaran yang akan di ujikan.
-          Cari info-info apa saja sub bab yang dominan/sering keluar. Meskipun ujian berpaket dimana setiap orang memiliki soal-soal berbeda dengan yang lainnya, namun jika di perhatikan soal-soalnya sama atau ya mirip masih satu materi dan itu posisinya di acak. Jadi kalian satu ruangan pasti ada soal yang sama.
-          Ikuti Simulasi (bukan main-main). Walaupun ini hanya latihan tapi usahakan jangan disepelekan. Why? Dari sini kalian bisa tahu materi apa yang diperkirakan akan keluar, bagaimana situasi posisi kalian ujian, dan siapa saja yang harus kalian jaga eye contact agar tidak mengganggu konsentrasi berfikir.
-          Perbanyak latihan soal. Bukan hanya soal-soal tahun kemaren, lebih baik jika sudah paham soal tahun kemaren maka cari tahu soal 2 hingga 5 tahun kebelakang. Jika kalian sudah mengerjakan soal & mengetahui berapa score yang di peroleh lalu buat daftar score awal hingga akhir yang di peroleh, kemudian cari rata-rata score yang diperoleh, itulah perkiraan nilai UN kalian. Trust me it works.
-                Perbanyak do’a.

4.       SNMPTN
Aku bagian dari tim merah. Sebenarnya merasa ga berhak sih apa aja yang harus dilakuan. Aku sadar salah strategi setelah pengumuman hasilnya. Tapi berhubung rival SD+SMA lulus SNMPTN di FMIPA, ITB dan mau berbagi jawaban, maka ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk persiapannya.
Hasil ngepoinnya begini =

Q: "Apa aja persiapannya menghadapi SNMPTN?"
A: "Persiapan? sekolah yang bener dari awal masuk sma wkwk, gausah terpatok sama nilai harus naik terus, nilai aku juga naik turun kok. jadi jangan maksa ke guru kalian buat nge rancang nilai sesuai yg kalian mau sih. apapun hasilnya disyukuri aja, mau jelek, bagus, naik, turun. karena faktor penentu snmptn tuh kan banyak banget."

Q: "Bagaimana menentukan jurusan untuk SNMPTN?"
A: "Actually, it's up to your choice
satu hal yang perlu diinget

JANGAN PERNAH ASAL PILIH

kalo sekiranya pilihan itu gaakan kalian ambil kalo misalnya kepilih, jangan ambil dari awal. kasian ke adek kelas kalian nanti yang jadi korban, dan dikutuk ade kelas mungkin bisa mempengaruhi prestasi kuliah kalian wkwk, pilih aja yang bener bener kamu pengen, karena kamu gatau mungkin kamu salah satu orang yang beruntung."

Nah itu intinya, buat kalian yang masih penasaran gimana cara doi belajar? Manage waktu belajar? dsb. Boleh langsung cp ke Ig; @ukhtiureesa

5.      SBMPTN
       OK, kalo yang ini aku bagian dari tim hijau. Berdasarkan pengalaman apa aja yang dipersiapkan       untuk SBM, yaitu:
-                 Tentukan pilihan jurusan. Pastikan apa yang dipilih sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan. Ini bisa jadi salah satu motivasi untuk lulus SBM. Ada juga tips untuk memperhitungkan kemungkinan lulus.

Pertama, dengan cara menghitung jumlah kursi atau kuota dibagi peminat tahun lalu dikali 100%. Terus urutkan pilihan berdasarkan persen terkecil. Ini contohnya,


         Nah, dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan berapa banyak pesaing yang harus kamu
singkirkan untuk mendapatkan kursi. Misalnya, hasil akhirnya 3% ini berarti untuk mendapatkan 1 kursi
dari 3 kursi yang ada kamu harus mengusir 97 orang pesaing.

Kedua, cari data PG dari berbagai sumber dan urutkan dari yang tertinggi. Walaupun ini tidak konkrit, tapi bisa jadi acuan untuk mencapai target nilai.
Ketiga, cari info dari mahasiswa/i dari prodi yang kamu targetkan. Pertanyaan-pertanyaan yang bisa diajukan, seperti kenyataan sebenarnya kuota atau daya tamping yang diterima; bagaimana pembelajarannya apa sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan; dan hal-hal lain yang lebih spesifik untuk memastikan kamu ga salah pilih dan menyesal di kemudian hari.
-             Perbanyak latihan soal dan try out. Percayalah soal-soal yang sulit itu ga jauh beda sama soal olimpiade. Saran nih ya dari pengalaman aku dengan persiapan kepepet (jangan ditiru), buat jadwal belajar kalian dengan rinci pelajarannya apa saja, waktu untuk mengerjakan soal, waktu untuk memperdalam pemahaman yang kurang, waktu untuk latihan soal dan buat penilaian sendiri. Mengapa harus ikut try out? Buat latihan mental bagaimana pelaksanaan SBM yang sebenarnya dan dapat soal-soal. Ada juga beberapa TO yang memberi penilaian urutan hasil akhir apakah diperkirakan lulus atau tidak hingga tes kepribadian jurusan apa yang cocok dan sesuai.
-        Saat hari H (16 Mei 2017), ujian dilaksanakan dengan lancar, meski ada trouble bentar karena CBT ya gitulah, lokasinya di Unpad. Udah banyak yang tau kali ya jadi lokasi ujian nya itu random gitu, dan jangan salah pilih tempat karena ada cerita salah klik gitu asalnya mau di pulau Jawa malah jadi di pulau Bali. meski bisa daftar lagi tapi itu kehendak masing-masing. Intinya setiap melaksanakan tahapan ujian itu harus teliti.
-              Perbanyak do’a. Sebanyak-banyaknya usaha yang dilakukan dengan bermacam-macam strategi harus dibarengi dengan do’a yang banyak juga, dengan niat karena Tuhan.
   

6.       PTKAku nyaris jadi tim hijau tapi gajadi. Ada pengalaman dari temen juga yang lulus di STAN. Check it out!
          Cerita aku dulu yak! Awalnya ga kepikiran buat daftar, di bilang iseng coba-coba ga, di bilang serius banget  juga ga, ya let it flow. Hasil akhirnya pun ๐Ÿ˜Ÿ. Jadi gini ceritanya, saat masuk semester akhir di SMA itu kan labil ya belum pasti mau kemana aku teh (jangan ditiru lagi). Ada yang udah impian banget, tapi ngukur kemampuanlah gimana ntarnya. Tiba-tiba ortu ngasih saran coba juga ke kedinasan yang awalnya tuh ga ada minat sama sekali dan cobalah itu. Yang di pilih adalah STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara). Sadar ga ya waktu itu teh? Berlanjut aja daftar online di Panselnas dan web resmi STSN.     Buat yang berminat bisa mempersiapkannya dari pengalaman ini, sekaligus ada pembahasan apa aja yang di persiapkan di setiap tahapan seleksinya. Seleksinya itu ada 7 tahap.

1.       Thp I Administrasi (13 April 2017). Mengirim berkas, seperti fotokopi rapot, akte kelahiran, kk, ya gitu-gitulah dan buat surat lamaran tulis tangan. Beres nih berkas lengkap trus kirim aja. Selang beberapa hari keluar pengumuman, yang lulus sekian lah banyak lupa aku. Berlanjut daftar ulang langsung (26 April 2017), yang lain perpisahan SMA lah aku? First impress nih sama lokasi pendidikannya di Bumi Sanapati, Bogor itu tata gedungnya ya ga jauh beda kaya IPDN yang aku tau. Pelayanan panitia SPMB nya terstruktur, tegas, namun tetap ramah.
2.       Thp II TKDBKN (2 Mei 2017). Tesnya itu CBT yap pake computer, 100 butir soal 60 menit waktunya. Terlebih dahulu kerjakan soal yang pendek-pendek dan mudah. Kalian harus bisa membaca cepat. Persiapkan latihan soal tetentang kewarganegaraan. Kalian bisa juga unduh aplikasi untuk latihan soal dan ada beberapa soal sama yang keluar. OK ini rahasia. 
3.        Thp III Tes Akademik (9 Mei 2017). Perdalam soal-soal bahasa Inggris dan Matematika. Mengapa? Itu yang horror. Pengerjaannya menggunakan spidol hitam, tidak boleh meminjam alat tulis dengan peserta tes lain. Pelaksanaannya di Sasana Pakarti, Jakarta Selatan.
4.        Thp IV Tes Psikologi (18 Mei 2017). Wajib sarapan.
5.      Thp V A (Tes tertulis,CT&MI). Tahap IV dan V A dilakukan satu hari dari pagi sampai sore. Ini jauh lebih horror. Saat tes tertulis bakalan ada surprice dari mahasiswanya ya menguji konsentrasi dan kecepatan. Siap2 berhitung cepat aja biar ga disuruh balik ke TK asli ini pengalaman.
  Thp V B Wawancara (5 Juni 2017). Harus jujur dan menggunakan tata kelola berbicara yang baik dan benar, juga jangan sombong. Ada 3 tahapan wawancara yang harus dilewati dengan tenang. Wawancara terakhir menguji loyalitas untuk siap di didik disiplin dengan waktu pendidikan yang ada. Hasil pengumumannya gagal.
6.       Thp VI A Tes Kebugaran (Samapta) & VI B Tes Kesehatan dan MMPI.
Perbanyak olahraga terutama lari dan atur pola makan.
7.       Thp VII Pantukhir. Penentuan akhir pemerimaan mahasiswa baru sebanyak 100 orang dan 10 orang pengganti.


Panjang ya yang ini karena memang seleksinya itu loh, u know what I mean. Ok lanjut ke pernyataan salah satu teman yang lulus di PTK, Remadya





 Buat yang masih penasaran, boleh langsung cp ke Ig; @remadyann


7.       UM
Untuk ujian UM PTN seperti UTUL, SIMAK, dll persiapannya seperti ujian-ujian sebelumnya dan cari lebih jauh bagaimana pelaksanaanya, karena setiap PTN melakukan ujian yang berbeda dan tidak semua PTN mengadakannya.
Kalau untuk PTS ga jauh beda seperti PTN, namun biasanya jalur penerimaannya banyak bahkan sudah ada yang membuka pendaftaran jauh dari ujian nasional dan kelulusan.
Misalnya ada jalur PMDK (di beberapa lembaga pendidikan negeri juga ada, seperti POLBAN), pada jalur ini calon mahasiswa di seleksi secara administrasi sesuai minat dan bakat. Maka hal yang harus di perhatikan, yaitu persyaratan kelengkapan berkas. Aku mencoba juga jalur ini di salah satu PTS dengan syarat melampirkan fortofolio gambaran tangan yang di bubuhi cap sekolah, ini contohnya


Dan hasil pengumumannya



Akhirnya, lebih memilih Unpad.๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜


Kesimpulan
Semua usaha yang harus dipersiapkan ialah banyak berlatih soal, mengkaji jenis-jenis soal, dan jangan ragu untuk banyak bertanya, mencari informasi sebanyak-banyaknya, memilahnya secara bijak, serta perbanyak do’a.
Dimanapun emas berada baik di kubangan sekalipun, emas tetaplah emas. Dimanapun tempat menempuh pendidikan tergantung pribadi masing-masing. Berkualitaslah karena kemampuan, bukan karena almamaternya.


Penulisan ini berdasarkan fakta yang telah dialami, mohon maaf untuk kesalahan penulisan yang ada, mohon koreksinya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pejuang 2018, 2019, dan seterusnya. Selamat berlibur dan menikmati liburan! Sekian dan terimakasih. Wassalamu'alaikum.  ๐Ÿ˜บ๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ธ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulau Tidung

Melintasi Pantai, Menyusuri Provinsi